Atlet Mentawai Tewas Setelah Keracunan Asap Genset

oleh -

Satu orang atlet asal Mentawai, Sumatera Barat meninggal dunia setelah diduga keracunan menghirup asap genset saat menginap pada salah satu penginapan di Sijunjung, Sumatera Barat, Minggu 29 April 2018.

Tak sendiri, rekan korban, tiga atlet lainnya yang juga tidur dalam kamar tersebut pun dalam kondisi kritis.

Berdasarkan informasi yang didapat, empat atlet tersebut hendak mengikut Kejurda Pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat di Kabupaten Sijunjung, Minggu pagi.

Namun, saat salah seorang pembina mereka ingin membangunkan, pembina itu pun kaget melihat empat korban tidak bangun dan melihat mulut mereka mengeluarkan busa.

“Pintu kamar dikunci dari dalam, offisial tim dan temannya mencoba membangunkannya, namun tidak ada respon, salah seorang masuk lewat pintu angin, dan diketahui mereka pingsan dan korban Ridwan mulutnya sudah mengeluarkan busa,” ungkap Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mentawai Lahmuddin via seluler.

Lahmuddin mengatakan, adapun yang meninggal dunia ialah Ridwan (15). “Sedangkan tiga atlet lainnya dalam kondisi kritis dan dirujuk ke RSUP M Jamil Padang,” jelas Lahmuddin.

Lahmuddin menyebut, tiga korban yang sedang menjalani perawatan yakni, Arwadi, Arisman dan Tri Leo.

Selain itu, dugaan sementara keracunan tersebut berasal dari asap mesin genset yang masuk ke dalam kamar. Mesin genset tersebut dihidupkan karena listrik padam semenjak Sabtu, 28 April 2018 malam.

“Namun demikian, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menyelidikinya,” pungkasnya.