Mulai Agustus, KPU Persiapkan Pilkada Padang

oleh -
Pilkada Serentak
Ilustrasi.
Pilkada Serentak
Ilustrasi.

Mulai Agustus 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang mulai menyiapkan berbagai persiapan untuk Pemilihan Kepala (Pilkada) Serentak Kota Padang tahun 2018.

Koordinator Divisi Logistik KPU Padang, Mahyudin menyebutkan, jika saat ini pihaknya sudah memulai tahapan persiapan. Dimana, dalam tahap persiapan ini untuk merancang berbagai hal yang mendasar untuk penyelenggaran pemilihan tersebut.

“Setelah beberapa waktu lalu disetujui anggarannya, kita sekarang tengah melakukan tahapan persiapan. Mulai penjadwalan, sistem dan banyak hal lainnya,” kata Mahyudin di Padang, Rabu (2/8/2017).

Lanjut Mahyudin, Pilkada Padang dianggarkan sekitar 37 miliar untuk menunjang berbagai kebutuhan demokrasi lima tahunan tersebut.

“Alokasi anggaran ini diperuntuhkan untuk berbagai hal, mulai dari sosialiasi, logistik, kampanye calon dan hal yang berkaitan dengan Pilkada,” jelasnya.

Setelah tahapan persiapan dilaksanakan, tahapan pertama yang akan dilakukan ialah sosialiasi. “Kemudian, bulan November dilanjutkan dengan pendaftaran calon perseorangan dan independen,” terangnya.

Lalu, Januari 2018, disebut Mahyudin akan ada tahapan pendaftaran calon dari Partai dan verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Untuk calon independen dengan Partai memang berbeda pendaftaran. Calon dari Partai, pendaftarannya bersamaan dengan verifikasi DPT pada bulan Januari,” sebutnya.

Selain itu, Mahyudin sendiri berharap agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi lima tahunan untuk memilih pemimpin Kota Padang, kedepan.

“Kita akan giatkan sosialiasi kepada masyarakat, bagaimana pentingnya memilih untuk kemajuan kota kita sendiri,” harapnya.

Untuk diketahui, Pilkada Padang akan digelar bersamaan dengan daerah lain di Indonesia, dimana disebut Pilkada Serentak. Hari pencoblosan Pilkada Serentak sendiri dijadwalkan akan dilangsungkan pada 27 Juni 2018.